Powered by Blogger.
agen genteng keramik kia di palembang

Daftar harga batu bata merah Palembang termurah

Daftar harga batu bata merah Palembang termurah, batu Bata merupakan bahan dasar yang banyak digunakan dalam sebuah bangunan baik rumah maupun gedung. Dalam pembuatan sebuah bangunan, salah satu elemen yang terpenting adalah batu bata. Batu Bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Terdapat berbagai jenis batu bata dan setiap jenis batu bata mempunyai kegunaannya sendiri. Ciri-ciri batu bata yang memiliki kualitas bagus yaitu berwarna merah tidak pucat, merah jingga, atau merah keunguan. Sebaliknya batu bata yang warnanya merah muda atau merah keputih-putihan menadakan kalau belum matang sempurna. Di samping itu, batu bata yang bermutu tinggi juga mempunyai struktur yang padat, pemukaannya cukup halus, dan bobotnya pun lumayan berat. Ketika saling dibenturkan, batu bata yang bagus akan mengeluarkan bunyi seperti gemerincing. Begitu pula saat direndam di dalam air, batu bata unggulan tidak mudah patah maupun hancur.

Bahan material ini terbuat dari tanah liat yang di cetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi kering dan berwarna kemerahan. Bata merah merupakan bahan material yang paling banyak digunakan karena sangat mudah didapatkan dan sudah teruji ketahanannya. Untuk memasang bata merah dibutuhkan bahan perekat berupa semen dan pasir ayakan. Saat ini, selain hunian dengan gaya simple dan minimalis, hunian bergaya pedesaan juga kembali diminati oleh warga di perkotaan. Salah satu hal yang paling disorot adalah penggunaan batu bata sebagai bahan utama dalam membangun sekaligus menjadi spotlight dalam menentukan interior bangunan. Dinding yang menggunakan batu bata (bata ekspos) memberikan kesan alami dan klasik pedesaan sehingga menghadirkan suasana baru bagi warga yang lama tinggal di perkotaan. Material dinding menggunakan batako press biasanya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar yang di cetak padat di press. Selain itu, ada juga yang mencampurkan bahannya dengan batu tras, kapur, air, hingga semen dan batu bara. Dengan bahan tersebut seringkali terdapat keretakan di dinding. Batako press dipilih untuk memperingan beban struktur bangunan dan mengurangi adanya sisa material saat pembuatan dinding. Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Indralaya, Kota Kayu Agung, Baturaja, Muara dua, Lubuklinggau, Pagar Alam, Prabumulih, Jambi, Lampung, Kotabumi, Bengkulu, Riau Pekan Baru dan Jakarta. Bagi toko bangunan di luar palembang melayani agen reseller genteng dan batu bata model bolong seluruh Indonesia


Di bawah ini kelebihan-kelebihan batu bata antara lain :
  • Pemasangannya relatif mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus
  • Harga batu bata terbilang murah sekitar Rp500/buah
  • Mudah dalam pengangkutan karena berdimensi kecil
  • Hampir semua toko bangunan menjual batu bata sehingga mudah mendapatkannya
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap panas dan api
  • Tidak memerlukan bahan perekat yang khusus
  • Fleksibel dipakai untuk membangun bidang berukuran besar maupun kecil

Di sisi lain, kekurangan-kekurangan batu bata yaitu :
  • Bentuknya yang tidak seragam menimbulkan kesulitan dalam membangun dinding yang rapi
  • Boros dalam penggunaan bahan perekat sebab memiliki siar yang besar
  • Gampang menyerap suhu sehingga terasa panas saat musim kemarau dan dingin ketika musim penghujan
  • Tingkat kualitas tidak bisa diketahui dengan pasti karena dibuat secara tradisional
  • Pemasangan yang tidak rapi mengharuskan penerapan bahan plesteran yang tebal
  • Memiliki bobot yang lebih berat daripada bata ringan sehingga harus ditopang struktur yang rumit
  • Waktu pengeringanmya cenderung lebih lama ketimbang material-material yang lain
Namun, sebelum Sahabat Tiga Roda berniat membangun, merenovasi, atau mendekorasi ulang rumah menggunakan berbagai jenis batu bata, ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan 3 jenis batu bata yang paling umum digunakan saat ini yaitu; bata merah, batako press dan bata ringan. Setiap bahan tersebut punya karakteristik tersendiri yang nantinya akan mempengaruhi proses pembangunan dan juga biaya yang akan dibutuhkan. Mengawali hidup sebagai buruh pembuat bata bata tidak membuat sutrisno kecil hati. Berkat ketekunannya, dia kini memiliki usaha batu bata sendiri dan mampu mempekerjakan 10 orang karyawan. Bagaimana perjalanannya? Desa Tunas Baru, Kecamatan Sekernan merupakan salah satu desa dari sejumlah desa penghasil genteng dan batu bata di Muarojambi. Salah seorang pengrajin batu bata yang cukup sukses di desa ini bernama Sutrisno. Dia tinggal di RT 01 Kecamatan Sekernan. Tahukah Anda, proses pembuatan batu bata merah bisa dilakukan secara manual. Walaupun lebih rumit, pengerjaan dengan teknik manual ini terbukti mampu menghasilkan batu bata yang memiiki kualitas lebih unggul. Metode pelaksanaannya meliputi penyiapan bahan baku, penggilingan, pencetakan, dan pembakaran.


Apakah pengertian dari pondasi batu bata yang sebenarnya? Pondasi batu bata adalah pondasi yang terbuat dari material batu bata sebagai bahan utamanya. Seluruh batu bata ini disusun sedemikian rupa untuk membentuk suatu pondasi yang mampu menahan beban bangunan di atasnya kemudian meneruskannya ke dalam tanah. Karena memiliki daya dukung yang tidak terlalu tinggi, pondasi batu bata biasanya diterapkan pada konstruksi yang sederhana. Tahukah Anda, pondasi merupakan struktur yang berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan ke lapisan tanah pendukung yang terletak di bawahnya. Banyaknya ragam bangunan dengan karakteristik yang berbeda-beda saat ini mendorong terciptanya beragam pondasi yang terbuat dari berbagai material. Salah satunya ialah pondasi batu bata yang menggunakan batu bata sebagai bahan bakunya.


Masa awal usahanya berdiri, dia hanya dibantu oleh keluarga. Berkat keuletan, akhirnya berhasil mengumpulkan uang dan membeli tanah yang cukup luas di desa tunas baru. Saat ini usahanya boleh dikatakan cukup berkembang. Sebab, usaha miliknya telah dilengkapi mesin pencetak genteng dan batu bata. selain itu di juga telah mampu mempekerjakan 10 orang karyawan. Yang lebih hebatnya lagi, omset perbulan dari usahanya minamal 6,5 juta. “Angka 6,5 juta ini minimal. Biasanya di atas itulah,” katanya. Dia menerangkan, dalam satu hari, usaha miliknya bisa mencetak 1.200 keping genteng. untuk batu bata sebanyak 2 ribu biji dalam satu hari. Harga genteng saat ini katanya cukup baik, genteng garuda Rp 550/keping, mandili Rp 700/keping sementara batu bata Rp 400/biji. Usaha batu bata, kata Sutrisno, tidak akan membawa kerugian. Sejak usahanya berdiri tahun 1994, sampai sekarang, dia mengaku tidak pernah rugi. “Modalnya hanya tanah liat dan keterampilan kita saja. Mana ada ruginya, Dalam memasok usahanya, pria berumur 44 tahun ini mengaku membeli tanah liat dari pihak lain. Untuk satu truk tanah liat dia mengaku membeli dengan harga Rp.400 ribu. 1 truk itu katanya bisa menghasilkan 11 ribu keeping genteng. “Sedangkan beli tanah liat saja masih untung, apalagi kita punya sendiri, pasti untungnya lebih besar lagi, Untuk memajukan usaha, Sutrisno mengaku dengan menggunakan modal sendiri. Diakuinya, pihak pemerintah Muarojambi beberapa kali menawarkan bantuan, namun ayah dari tiga anak ini menolak bantuan tersebut. “Modal saya sudah cukup, makanya saya tidak menerima,” katanya. Berkat usahanya ini, dua anak Sutrisno telah mencicipi pendidikan di Pulau Jawa. Untuk mendapat pendidikan yang lebih baik.

Produsen batu bata merah palembang

Bata ringan dimuat dengan mesin pabrik, sehingga menghasilkan bata yang lebih halus, ringan, dan rata. Sesuai namanya, bata ini ringan dan tidak membebani struktur. Bentuknya yang rapi dapat mempercepat pelaksanaan dan meminimalkan jumlah pemakaian material. Bata ini dibuat dari pasir kuarsa, semen, kapur, gipsum, pasta alumunium, dan air. Karena sudah halus, bata ringan bisa langsung di aci tanpa perlu diplester, meski menggunakan plester tidak dilarang. Bata ringan juga kedap air dan suara, serta tahan pada gempa bumi. Sayangnya, bata jenis ini relatif lebih mahal dari bata merah. Penjualanya pun masih didominasi toko material besar saja dan harus dibeli dengan jumlah yang sangat banyak. Memasangnya dibutuhkan keahlian khusus, tidak seperti memasang bata merah yang sudah banyak diketahui tekhninya.
0 Komentar untuk "Daftar harga batu bata merah Palembang termurah"

Back To Top